Selasa, 22 Mei 2012

Praktek Kerja Lapangan di RSUD dr. Saiful Anwar


praktek kerja lapangan di RSUD dr. Saiful Anwar
I.      LATAR BELAKANG
Sinar-X ditemukan oleh Wilhelm Conrad Rontgen seorang berkebangsaan Jerman pada tahun 1895. Pemanfaatan sinar-X di bidang kedokteran nuklir merupakan salah satu cara untuk meningkatkan kesehatan masyarakat. Aplikasi ini telah cukup beragam mulai dari radiasi untuk diagnostic, pemeriksaan sinar-X gigi dan penggunaan radiasi sinar-X untuk terapi. Radioterapi adalah suatu pengobatan yang menggunakan sinar pengion yang banyak dipakai untuk menangani penyakit kanker. Alat diagnosis yang banyak digunakan di daerah adalah pesawat sinar-X (photo Rontgen) yang berfungsi untuk photo thorax, tulang tangan,kaki dan organ tubuh yang lainnya. Alat terapi  banyak terdapat di rumah sakit-rumah sakit perkotaan, salah satunya adalah RSUD Dr. Saiful Anwar. RSUD Dr. Saiful Anwar adalah Rumah Sakit kelas A, berdasarkan Surat Keputusan Menteri Kesehatan RI No. 673/Menkes/SK/VI/2007 pada bulan April 2007. Saat ini selain sebagai wahana pendidikan kepaniteraan klinik madya Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya juga program pendidikan dokter spesialis (PPDS I) Bedah, IPD, OBG, IKA, Paru, Jantung, Mata,THT, Patologi Klinik, Emergency Medicine, Kulit Kelamin, Neurologi, Radiologi. Tanggal 20 Januari 2011 RSUD dr. Saiful Anwar telah ditetapkan sebagai Rumah Sakit Pendidikan Utama Akreditasi A dari Kementrian Kesehatan RI dengan Nomor Sertifikat 123/MENKES/SK/I/2011.
Di sisi lain, ilmu fisika mempelajari berbagai fenomena fisis yang terjadi di alam dan aplikasinya dalam bidang teknologi dan industri. Merujuk pada visi Program Studi Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang, yaitu sebagai program studi yang unggul dan menjadi rujukan dalam pengembangan fisika sebagai ilmu dasar, dan aplikasinya serta mampu bersaing di era globalisasi. Salah satu misi program studi Fisika untuk mencapai visi tersebut adalah menjalin kerjasama dengan instansi lain untuk memperkaya pelaksanaan Tri Dharma perguruan tinggi.
Sebagai implementasi praktis dari misi ini adalah kewajiban bagi mahasiswa program studi Fisika untuk mempelajari secara langsung bagaimana proses kerja di dunia teknologi dan kesehatan. Untuk itu diperlukan suatu kegiatan Praktek Kerja Lapangan (PKL), berupa orientasi/survei pengenalan dan pengkajian secara langsung di instansi kesehatan yang dapat memberikan telaah kepada mahasiswa tentang pemahaman kemampuan dan keterampilan dalam menerapkan ilmu di lapangan.
Ditambah lagi, pesatnya perkembangan teknologi dalam dunia kesehatan benar-benar menuntut kemampuan, kemandirian dan keterampilan kami (mahasiswa) untuk dapat ikut memberikan kontribusi positif dalam bidang teknologi dan kesehatan yang terkait serta masalah yang dimungkinkan dapat kami bantu untuk diselesaikan. Berdasarkan kerangka berpikir di atas dan untuk mencapai tuntutan tersebut, kami memilih RSUD Dr. Saiful Anwar sebagai instansi yang paling strategis untuk melaksanakan Praktek Kerja Lapangan (PKL).
Comments
0 Comments

Posting Komentar

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( :-q =))