Rabu, 08 Mei 2013

Pilihanku Tetap Fisika Material !




Pilihan sejak semester 5 – ku adalah Fisika Material, karena aku ingin mendalami lebih dalam lagi. Disamping itu, aku juga menyukai eksperimen yang dilakukan di dalam Laboratorium Fisika-Kimia. Kebanyakan pendapat mengenai KBK ini (Kelompok Bidang Keahlian) adalah banyak mengeluarkan biaya, sulit, dan membutuhkan waktu yang lama untuk menyelesaikan penelitian dan skripsi. Tetapi sejak awal kuniatkan untuk memilih Fisika Material. Mulai semester  6 aku berpikir bagaimana caranya aku dapat menyelesaikan
skripsiku dengan cepat atau tepat 4 tahun dengan biaya seminimal mungkin. Dan pada awal Juli 2012 aku menemui Pak Fuad secara langsung untuk bersedia mengikuti proyek penelitian beliau. Dan bulan itu aku mulai penelitian. Pada bulan Agustus Pak Fuad memintaku mengerjakan sekam padi yang awalnya adalah batuan kapur. Dan bulan Agustus-lah awal aku melakukan penelitian untuk skripsiku. Aku sangat bersyukur, karena aku mendapat kesempatan dan kepercayaan untuk mengikuti proyek penelitian Pak Fuad. Proyek beliau adalah tentang silika sekam padi dan selesai pada bulan November. Aku bisa dibilang ngebut pada bulan-bulan itu, dikarenakan janji Pak Fuad yang mengatakan gratis segala biaya hingga bulan Desember. Sehingga itu menjadi sumber energi saya untuk mengerjakan dan menyelesaikan penelitian. Bulan November-Desember aku mengerjakan SiC hingga Januari dan Februari aku sudah mengkarakterisasinya dengan bantuan alat Difraktometer (XRD) dan I-V meter (I-V). Dan total biaya yang harus aku bayar selama skripsi dengan mendapatkan keringanan dari Pak Fuad adalah sebesar Rp 750.000,00. Aku sangat bersyukur biaya yang aku keluarkan tidak terlalu banyak dan aku mengajukan ujian atau sidang skripsi pada bulan Maret. Tanggal 5 April 2013, aku sidang skripsi. Tanggal 6 Mei 2013, aku menyelesaikan penyerahan jilidan skripsi di jurusan Fisika, Laboratorium Sentral dan perpustakaan pusat. Aku sangat berharap image tentang ketidakbaikkan pada KBK Material bisa berubah di mata adik-adik tingkat khususnya dan seluruh mahasiswa pada umumnya.
Motto hidupku adalah “Man Jadda wa Jada”
Judul Skripsiku adalah “ Synthesis and Characterization of Silicon Carbide (SiC) from Silica Rice Husk and Activated Carbon Using Sol-Gel and Solid State Reaction Method     

Comments
6 Comments

+ sahabat + 6 sahabat

12 Juni 2013 pukul 13.47

Jempol dek d^_^b

Terimakasih Reni Fee atas Komentarnya di Pilihanku Tetap Fisika Material !
18 Juni 2013 pukul 17.22

@Delima Putih terima kasih banyak mbak.. ;;)

30 September 2013 pukul 00.55

keren :)

Terimakasih Unknown atas Komentarnya di Pilihanku Tetap Fisika Material !
1 Oktober 2013 pukul 16.36

@Haritsah Alfad terimakasih.. ;)

8 Desember 2013 pukul 10.32

mbak fisika materail ya, dulu pkl nya di mana?

Terimakasih Unknown atas Komentarnya di Pilihanku Tetap Fisika Material !
22 Desember 2013 pukul 13.25

@Tyas Aisyah aq dluu PKL di pabrik gula kebon Agung satu kelompok sama Robi ;;)

Posting Komentar

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( :-q =))