Selasa, 04 Agustus 2015

GRAFENA


Grafena, alotrop dua dimensi dari Karbon.

 Grafena merupakan selembar lapisan tipis dengan ketebalan skala nm dari struktur grafit. Dimana keduanya diproduksi oleh karbon dengan menggunakan proses tertentu (beragam metode). Karena hanya satu atom karbon tebal yang berikatan pi-terhibridisasi, molekul-molekul besar ini mempunyai sifat konduktif listrik, transparan dan mekanis yang kuat. Ukuran cabang grafena dapat mencapai ratusan µm, yang membuat grafena menjadi komponen yang sangat unik  dari sudut pandang kimia. Kestabilan kristal 2D lainnya yang ditemui di alam meliputi Molybdenum disulphide, Boron nitride yang kadang ditunjuk sebagai “anorganik analog grafena”.

Sifat kimia dari grafena dan senyawa yang terkait sering menggunakan teknik pengelupasan dari material yang dapat ditingkatkan untuk kebutuhan industri. Hal ini biasanya berarti bahwa hasil pengelupasan harus ada dalam bentuk dispersi. Pendekatan umum untuk metode pengelupasan basah adalah metode yang berbasis interkalasi dan bahan pelarut. Grafit juga dapat dioksidasi menjadi grafit oksida yang mudah menyebar dalam air sebagai grafena oksida.
 
sumber : https://www.utu.fi/
Grafit dapat dioksidasi untuk memberikan air terdispersi grafena oksida (GO). Reduksi dari GO memberikan struktur grafitik ketebalan nm.

Reduksi dari grafena oksida menghasilkan struktur seperti grafena dan grafena oksida bisa menjadi cara yang ramah lingkungan untuk memproduksi dalam skala besar dari satu hingga beberapa lapisan tipis grafitik.

Aplikasi yang mungkin untuk proses grafena secara kimiawi meliputi elektroda transparan membran mikro filtrasi, material komposit, sensor dan penyimpanan energi.

Tantangan yang bersifat kimiawi untuk penggunaan dalam skala besar dari grafena meliputi kontrol dari parameter larutan, ukuran distribusi dan modifikasi kimia dari lembaran fleksibel 2D yang besar.
 
sumber : https://www.utu.fi/
Kiri: Permukaan Grafena Oksida. (AFM) Tengah: model Ball-stick dari Molydenum disulphide, sebuah grafena analog inorganik. Kanan: Permukaan Molydenum disulphide (AFM)


Penulis fokus penelitian dibidang Lapisan Grafena Oksida Tereduksi sebagai Bahan Tugas Akhir di Magister Material Science.



alamat e-mail : masudahkusuma@gmail.com
Comments
0 Comments

Posting Komentar

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( :-q =))