Senin, 26 November 2012

COCROFT-WALTON




Cocroft-Walton merupakan suatu alat penyearah tegangan  dari arus bolak-balik menjadi tegangan arus searah, dengan berbagai tegangan yaitu 1, 2, 3,....n kali tegangan puncak dari arus bolak-balik yang masuk.
Di bawah ini merupakan gambar dari Cocroft Walton :


The Cockcroft-Walton pre-injectors. Image courtesy of Michael Monaxios.
Untuk mempelajari langkah-langkah kerja dari Cocoroft-Walton dapat digambarkan dengan cara termudah dengan meninjau saat-saat mencapai Tegangan Puncak (Vp), yaitu : 

1.         Langkah kerja pertama pada Cocroft-Walton:
Pada saat kondensator dalam keadaan jenuh maka terjadi keseimbangan tegangan pasif yang sama besar. Kondensator C1 terisi jenuh hingga mencapai Vp. Kedua tegangan yaitu pasif dan aktif, memiliki nilai yang sama besar tetapi berlawanan arah, sehingga terjadi tegangan seimbang. Sedangkan jalan zigzag ke atas tidak ada yang menghambat. Kondensator-kondensator yang lain tidak dapat diisi karena tegangan kedua sisinya sama. Pengisian terjadi apabila terdapat beda tegangan.
 2.         Langkah kerja kedua pada Cocroft-Walton:
Pada langkah kerja kedua sistem Cocroft-Walton, gulungan sekunder transformator mengarah keatas dan mencapai tegangan puncak (Vp) dan kondensator Cterisi jenuh hingga mencapai 2Vp, yaitu tegangan pasif. Tegangan aktif yang mendorong berasal dari sisi sekunder transformator keatas, ditambahkan dengan C1. Jumlah tegangan aktif yang terjadi 2Vp. Kedua tegangan aktif dan pasif, sama besar tetapi berlawanan arah, sehingga tegangan seimbang terjadi. Sedangkan jalan zigzag keatas tak ada yang menghambat. Kondensator-kondensator yang lain tidak dapat diisi, karena tegangan kedua sisinya sama. Pengisian hanya dapat terjadi, jika ada beda tegangan.
3.         Langkah kerja ketiga pada Cocroft-Walton:
Pada langkah kerja ketiga pada sistem Cockworf-Walton,gulungan sekunder transformastor mengarah kebawah dan mencapai tegangan puncak (Vp) dan kondensator C3 terisi jenuh mencapai 2Vp, yaitu tegangan pasif. Tegangan aktif yang mendorong berasal dari sisi sekunder transformator ke bawah, ditambah dengan C2. Jumlah tegangan aktif yang terjadi 3Vp. Kedua tegangan aktif dan pasif, sama besar tetapi berlawanan arah, sehingga tegangan seimbang terjadi. Sedangkan jalan zigzag ke atas tak ada yang menghambat. Kondensator-kondensator yang lain tidak dapat diisi, karena tegangan kedua sisinya sama. Pengisian hanya dapat terjadi jika ada beda tegangan.
4.         Langkah kerja keempat pada Cocroft-Walton:
Pada langkah kerja keempat pada sistem Cockcroft-Walton, pada gulungan sekunder tansformator mengarah keatas dan mencapai tegangan puncak (Vp) dan kondensator C4 terisi jenuh mencapai 2Vp, yiatu tegangan pasif.Tegangan aktif yang mendorong berasal dari sisi sekunder transformator ketas, ditambah dengan C1+C3. Jumlah tegangan aktif  yang terjadi 4Vp, Kedua tegangan aktif dan pasif sama besar tetapi berlawanan arah, sehingga tegangan seimbang terjadi. Sedangkan jalan zigzag keatas tak ada yang menghambat . Kondensator – kondensator yang lain tidak dapat diisi, karena tegangan kedua sisinya sama. Pengisian hanya terjadi jika ada beda tegangan.






Comments
0 Comments

Posting Komentar

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( :-q =))